Al Quran petunjuk Hidup umat islam untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.


AL QURAN adalah kitab suci umat islam. Yang sampai saat ini masih terjaga kebenarannya. Al Quran memiliki banyak keutamaan yang tidak terhitung jumlahnya. Namun dalam kesempatan kali ini akan dibahas 6 keutamaan Al Quran, berikut pemaparannya dengan firman – firman Allah SWT dan hadits Rasulullah SAW :
  1. Petunjuk hidup bagi manusia
Allah SWT berfirman pada ayatnya :
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan – penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil)” (QS. Al – Baqoroh [2] : 185). Hal ini sudah sangat jelas bahwa dengan mengimani Al Quran sebagai kitab suci umat islam, insyaAllah hidup akan tenang tentram dan memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.
  1. Obat penenang hati bagi yang membaca yang memahaminya
“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang – orang yang beriman…” (QS. Al – Isra’ [17] : 82)
  1. Memudahkan hidup di dunia maupun di akhirat.
“Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah.” (QS. Thoha [20] : 2)
  1. Penjelas segalanya
“Dan Kami turunkan kepadamu Al – Kitab (Al – Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang – orang yang berserah diri.” (QS. An – Nahl [16] : 89)
  1. Sebagai penyinar hati
“Dan Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang – benderang (Al Quran)”. (An – Nisa [4] : 174).
  1. Mendapat pahala yang banyak
Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa mahir membaca Al Quran dia bersama malaikat yang mulia, dan barangsiapa yang membacanya belum lancar, maka dapat dua pahala.” (HR. Muslim 1/549).