Jangan Remehkan! Buah Ciplukan Mampu Usir Penyakit Gondongan dan Borok


Penah terserang penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis)? Atau keluarga Anda sedang mengalaminya? Tentu akan sangat terganggu karena semua organ tubuh lainnya akan merasakan meriang. Selera makan pun akan menurun karena pipi atau leger akan membengkak.
Penyakit Gondongan adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.
Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik, Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.
Jangan khawatir karena penyakit ini selain bisa diobati melalui jalan medis, penyaki ini juga bisa disembuhkan dengan beragam tanaman obat yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan menggunakan tanaman Ceplukan atau dalam bahasa Jawa disebut Ciplukan.
Dikutip dari alamendah.org, tanaman yang dalam bahasa latin disebut sebagai Physalis angulata merupakan salah satu tumbuhan herbal yang hidup semusim dan mempunyai tinggi sekitar 1 meter saja. Ceplukan atau ciplukan (Physalis angulata) yang mempunyai buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga ini kaya akan berbagai manfaat terutama sebagai tanaman herbal (obat-obatan).
Ceplukan juga dikenal dengan banyak nama daerah (lokal) seperti keceplokan, ciciplukan (Jawa), nyornyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (sebagian Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba, dan lain-lain.
Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, dan winter cherry. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin) disebut sebagai Physalis angulata yang bersinonim dengan Physalis minima dan Physalis peruviana.
Munculnya berbagai manfaat ciplukan itu akibat adanya beberapa kandungan yang terdapat di dalam ciplukan seperti vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol dan lain sebagainya. Tanaman dan buah Ciplukan ini memiliki peran sebagai antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemi.
Lalu bagaimana cara menggunakannya untuk mengobati gonodngan atau penyakit tenggorokan? Pada dasarnya semua bagian tumbuhan ciplukan tersebut cara pengolahannya hampir sama yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu kemudian tinggal meminumnya. Namun untuk buahnya, dapat merebusnya terlebih dahulu atau dapat memakannya secara langsung. Yang perlu dicatat adalah ketika anda membuat ramuan ciplukan ini jangan dibiarkan hingga sehari semalam, karena jika anda mengkonsumsinya telah melawati satu hari satu malam kandungan yang ada didalamnya sudah rusak.
Selain bisa untuk mengobati Gondongan, Ciplukan juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit lain. Laman manfaat.co.id menyebutkan, Ciplukan bisa diggunakan untuk mengibati penyakit berikut.
Obat Untuk Bisulan
Sebagai anti radang yang sangat berkhasiat, daun ciplukan pun dapat digunakan untuk mengobati bisulan pada kulit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan air rebusan daun ciplukan ke bisul yang sedang meradang. Namun pastian tangan anda dalam keadaan bersih.
Mempercepat Pengeringan Borok
Bagi yang menderita sakit borok pun dapat diatasi dengan daun ciplukan. Hanya dengan menumbuk daun ciplukan dengan alu, kemudian oleskan pada borok yang sedang meradang. Borok yang sedang dialami dapat semakin cepat mengering.
Dapat Mengobati Flu
Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Cara pembuatan obatnya pun tidaklah suit yaitu :
Potong-potong daun ciplukan hingga menjadi beberapa bagian
Kemudian rebus dengan air sampai mendidih
Minum air rebusannya, hingga sembuh
Mengobati Pertusis
Daun ciplukan pun terbukti dapat menjadi obat bagi yang mengalami batuk rejan atau pertusis. Kandungan dalam daun ciplukan dapat meredakan batuk ini secara alami secara bertahap, namun tidak kembali lagi.
Mengobati Kencing Manis
Manfaat lain yang dapat Anda rasakan dari daun ciplukan ialah karena khasiatnya yang dapat mengobati kencing manis. Penderita kencing manis hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan secara rutin agar penyakit kencing manis dapat segera hilang.
Mengurangi Penyakit Paru-Paru Basah
Khasiat daun ciplukan juga sangat besar bagi yang menderita penyakit paru-paru basah. Terutama air rebusan daun ciplukan yang dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi masalah kesehatan ini. (dia)