Ungkap Rahasia Panjang Umur Sepuluh Orang Tertua di Dunia


Kebanyakan orang-orang tertua di dunia bahkan tidak tahu kalau mereka telah meraih gelar Guinness Book of Record. Mereka baru sadar telah meraih gelar tersebut saat orang-orang mulai mendatanginya dan reporter berebut meminta wawancara.

Tidak diragukan lagi, kita semua bisa belajar dari kearifan dan pengalaman mereka. Dan kita beruntung banyak dari mereka dengan senang hati menceritakan dan berbagi saran mengapa mereka bisa panjang umur. Ini adalah rahasia agar bisa panjang umur, seperti yang diceritakan oleh 10 orang tertua yang pernah tercatat, dan tiga diantaranya masih hidup hingga saat ini.

10. Johanna Klink (112 tahun, 1 bulan)


Johanna adalah orang tertua di Jerman, sebelum ia meninggal pada  Februari 2015 ia berhasil mencapai umur 112 tahun. Ia menikah tiga kali dan hanya memiliki seorang anak (suatu yang tak lazim bagi manusia berumur panjang). Johanna tinggal di rumah jompo dari tahun 2004, meski tinggal di panti, ia memiliki kondisi fisik dan mental yang sehat hingga akhir hayatnya.

Rahasia panjang umur Johanna yang diungkap sebelum ia meninggal dunia adalah: "Saya merasa sangat baik, seperti masih berusia 60 tahun dan baru saja pensiun. Rahasia untuk hidup lebih lama adalah diet sederhana dan ringan, dan yang utama adalah sop yang kubuat hanya menggunakan beberapa tetes minyak atau mentega."

9. Orma Slack (112 tahun, 2 bulan)


Orma lahir pada tanggal 19 Februari 1903 di Kanada, hanya beberapa bulan sebelum Wright bersaudara menerbangkan pesawat pertama dalam sejarah. Ia berumur 20 tahun saat Great Depression (Depresi Hebat) dimulai dan berumur 66 tahun saat orang pertama mendarat di bulan.

Orma adalah seorang guru dan pensiun pada usia 64 tahun, lalu ia melakukan perjalanan keliling dunia bersama suaminya (yang meninggal pada 1988). Ia juga menjadi sukarelawan di Rumah sakit Bellville hingga ia berusia 104 tahun, itu pun karena ia tidak bisa mendapatkan tumpangan menuju rumah sakit. Orma menikmati kehidupannya hingga saat-saat terakhir, bahkan ia masih bermain ski ketika berumur 109 tahun. Ketika ia meninggal pada 2015, ia tutup usia pada usia 112 tahun.

Rahasia panjang umur Orma adalah: "Sejak aku masih kecil, dunia tidak pernah berubah menjadi semakin baik atau semakin buruk. Segala sesuatu tak pernah berubah, jadi ikuti saja kemana ia mengalir. Aku tidak pernah melakukan sesuatu yang istimewa untuk bisa sampai pada usia seperti sekarang, tapi mungkin rahasianya adalah aku selalu bersikap positif dalam melihat orang-orang dan kehidupan. Saya tak ingat pernah mengatakan hal-hal yang buruk pada tetangga, keluarga atau teman."

8. Sakari Momoi (112 tahun, 5 bulan)


Sakari adalah pria tertua di dunia sebelum ia meninggal pada Juli 2015 pada usia 112 tahun. Terlahir pada 5 Februari 1903, sepanjang hidupnya Sakari bekerja sebagai guru dan terakhir sebagai kepala sekolah hingga pensiun. Sakari Momoi dinobatkan sebagai pria paling tua di dunia yang pernah tercatat sejarah modern.

Rahasia Sakarai Momoi yang diceritakannya beberapa tahun sebelum meninggal adalah : "Aku tak tau apa rahasia panjang umurku, sederhanya aku belum juga mati. Aku terbiasa berolahraga, makan sekedarnya dan tak pernah mengkonsumsi alkohol, tapi itu hanyalah jalan hidupku, bukan sebuah rahasia hebat."

7. Ethel Lang (114 tahun, 7 bulan)


Lahir pada 27 Mei 1900, Ethal adalah orang tertua di Inggris dan orang tertua kedua di Eropa sebelum ia meninggal pada Januari 2015. Ia orang Inggris terakhir yang terlahir pada masa pemerintahan Ratu Victoria. Ethel putus sekolah pada umur 13 tahun dan kemudian bekerja di pabrik garmen, yang dijalaninya selama pecah Perang Dunia I. Keluarga dari pihak ayahnya juga banyak yang berumur panjang.

Rahasia panjang umur Thel yang pernah diceritakannya adalah : "Aku tak pernah merokok dan tak pernah menyentuh alkohol. Aku banyak minum teh, memasak sendiri makananku, bahkan membuat roti sendiri. Sepanjang yang kuingat, aku selalu bergerak dan tak pernah gemuk. Aku selalu peduli pada kesejateraan masyarakat dan suka menari. Aku terakhir menari pada usia 107 tahun."

6. Violet Brown (115 tahun, 6 bulan)


Violet lahir pada 10 Maret 1900, ia masih ingat saat bangun subuh dan harus berjalan kaki tanpa sandal sejauh 7,5 km hanya untuk mengambil air untuk keluarganya dan langsung bergegas ke sekolah jam 9 pagi. Perempuan Jamaika ini mengatakan, "Hari ini anak-aak muda tak sadar betapa enaknya hidup mereka sekarang. Mereka punya air kran di setiap rumah dan ada angkot kemanapun mereka pergi. Kadangkala aku mengingat masa lalu dan menangis dengan semua yang telah kualami." Violet lahir saat Jamaika masih dijajah kerajaan Inggris.

Rahasia Violet: "Hari-hari kuhabiskan dengan membaca buku (tanapa kacamata) dan puisi. Rahasia umur panjangku adalah keyakinan pada Tuhan dan perintahnya."

5. Emma Morano-Martinuzzi (115 tahun, 6 bulan)


Emma adalah orang tertua di Italia, dan orang terakhir yang lahir di abad ke-19 yang masih hidup (29 November 1899). Emma pernah menikah selama 11 tahun, tapi sebagai seorang Katolik, ia tidak percaya dengan perceraian, jadi ia hanya 'menendang' suaminya keluar rumah dan tetap dalam status pernikahan hingga suaminya meninggal pada 1978. Anak mereka meninggal di usia 6 bulan, dan sejak itu Emma hidup sendiri. Hingga kini di umurnya yang ke 115 tahun, ia tetap hidup sebatang kara.

Rahasia Emma: "Aku tak pernah menyentuh obat-obatan dan hanya minum brandy saat di rumah. Aku makan 3 butir telur setiap hari dan makan coklat sesekali. Tapi yang utama, kurasa selalu berpikiran positif tentang masa depan adalah rahasia mengapa aku hidup begitu lama."

4. Jeralean Talley (116 tahun, 1 bulan)


Jeralean dikenal sebagai orang tertua di dunia antara April 2015 hingga kematiannya di bulan Juni tahun yang sama. Ia lahir pada 23 Mei 1899 dan mengaku tak pernah mengemudikan mobil sejak pertama kali ia mencobanya. Saat itu ia salah menekan pedal, membuat mobilnya berjalan mundur dan membuatnya sangat ketakutan dan sejak itu tak pernah mau mencoba lagi. Namun ia tak menyesalinya.

Pada usia 114 tahun Jeralean membuka rahasia panjang umunya: "Aku tak pernah berhenti bergerak, bahkan hingga kini tanganku tetap sibuk merajut. Aku bermain boling hingga usia 104 tahun, kakiku semakin lemah sejak itu. Kadangkala aku memancing dengan menantu dan cucu. Aku hanya punya satu aturan emas dalam hidup: Perlakukan orang lain seperti kamu ingin mereka memperlakukan Anda."

3. Susannah Mushatt Jones (116 tahun, 2 bulan) 


Resmi diakui sebagai orang tertua di dunia yang masih hidup, Susanna lahir pada 6 Juli 1899. Kakeknya adalah seorang budak merdeka yang melarikan diri bersama orangtuanya dan kemudian menjadi petani. Susannah tak ingin menjadi petani, jadi setelah tamat sekolah pada 1922, ia memutuskan ingin menjadi guru. Sayangnya, orangtuanya tak sanggup membiayai sekolahnya, akhirnya ia pindah ke New York, menikah dan lima tahun kemudian bercerai. Sejak itu ia hidup sendiri, dan bekerja sebagai pengasuh anak dengan gaji $7 dolar seminggu.

Rahasia Susannah : "Aku mengunjungi dokter hanya 4 kali setahun dan tak pernah memakan obat kecuali obat penurun tekanan darah. Saat berumur 100 tahun aku menjadi buta akibat diabetes, tapi aku menolak diobati atau dioperasi. Sepanjang hidupku aku menghindari rokok, alkohol,rias wajah dan bahkan pewarna rambut. Aku tidur 10 jam setiap malam dan tak menikah lagi tampaknya juga berpengaruh."

2. Gertrude Weaver (116 tahun, 6 bulan)


Sebagai satu diantara orang paling tua yang pernah tercatat,  Gertrude lahir pada 4 Juli 1898. Ia memiliki empat orang anak, namun hanya satu yang masih bersamanya hingga anaknya meninggal di usia 94 tahun.  Di usia 104 tahun, ia dipindahkan ke panti jompo, dan walaupun tidak memiliki penyakit kronis, usia lanjut telah membuatnya semakin lemah beberapa tahun belakangan. Meski begitu, ia masih bisa meninggalkan kamarnya dan berpartisipasi dalam kegiatan panti hingga hari terakhirnya.

Rahasia yang dibaginya saat berusia 114 tahun ialah : "Rahasiaku adalah keyakinanku pada Tuhan, bekerja keras, mencintai semua orang dan selalu lakukan apa yang bisa dilakukan. Dan jika kamu tak mampu, tak usah dilakukan."

1. Misao Okawa (117 tahun, 1 bulan)


Misao Okawa adalah orang tertua yang pernah hidup anatara Juni 2013 hingga kematiannya pada April 2015, dan orang kelima paling tua yang pernah tercatat sejarah modern. Pada usia 102 tahun, Misao masih rutin berolahraga, dan ia masih sanggup berjalan sendiri hingga usia 110 tahun. Belakangan ia memakai kursi roda karena kesulitan menjaga keseimbangan saat berjalan, tapi ia bersikeras mengayuh sendiri kursi rodanya dan menolak dibantu.

Rahasia Misao diutarakannya saat ia berumur 115 tahun: "Alasan aku bisa selamat dan hidup begitu lama adalah karena aku makan sushi dan tidur nyenyak setiap malam."

Jadi, mungkin kita hanya perlu makan lebih banyak sushi dan tidur nyenyak setiap malam, dan kita akan bisa tetap berjalan hingga usia 110 tahun. Pelajaran yang bisa dipetik, orang-orang tertua di dunia ini tampaknya begitu menikmati hidupnya, dan inilah rahasia utama panjang umur selain dari pola hidup sehat dan kebiasaan lainnya.

Kesimpulannya, rahasia panjang umur adalah : Cintailah hidup Anda, maka kehidupan akan mencintai Anda.